Keunikan Kota Yogyakarta

Buat kamu yang baru menetap di Yogyakarta pasti akan merasakan keunikan ini

Let`s check it out!

Yogyakarta adalah salah satu kota di Indonesia yang kekayaan budayanya masih tetap terjaga walaupun  kenyataannya sebagian besar penduduk di sana bukan asli daerah istimewa ini. 
Jika kamu sedang mencari kota yang pas untuk menuntut ilmu atau pun bagi kamu yang sedang menetap atau tinggal di kota ini pasti akan merasakan berbagai keunikan yang jarang ditemui di kota lainnya. Mari kita bahas satu per satu . . . .

1.       Sebagian besar gedung di Yogyakarta hanya terdiri dari empat lantai

Pada umumnya gambaran kota yang biasa kamu lihat atau bayangkan pasti terdapat gedung pencakar langit yang berjejer begitu megah serta memberikan kesan kemewahan dari arsitekturnya, seperti yang ada ibukota Jakarta. Tetapi jangan heran jika kamu sudah menginjakkan kaki di kota ini ya kebanyakan gedung di kota Yogyakarta hanya terdiri dari empat lantai baik itu mall, restaurant, hotel dan lain sebagainya. Hal inilah salah satu keunikan atau nilai plus yang jarang di temukan di kota mana pun sehingga budayanya masih tetap bisa dirasakan, pemerintah setempat memberikan kebijakan untuk batas ketinggian bangunan di Jogja hanya terdiri dari 4 lantai karena demi keselamatan bersama untuk terhindar dari kemungkinan akibat gempa yang sering mengguncang kota ini. Oops! Jangan di hapus ya nama yogyakarta di daftarmu, bisa dijamin gempanya tidak terlalu berbahaya dan kamu juga akan merasakan pengalaman yang luar biasa jika berada di kota istimewa ini.

2.       Kamu pasti menemukan aturan “ belok kiri jalan terus

Jika kamu ingin ke suatu tempat atau pun sekedar jalan jalan menggunakan sepeda motor atau mobil, pada awalnya kamu akan kebingungan karena penerapan aturan ini “belok kiri jalan terus” ( maklum korban bingung dulunya, hehe). Jika kamu berhenti di perempatan jalan dan kamu mau ke arah kiri, kamu tidak perlu berhenti menunggu lampunya menjadi hijau, langsung saja belok ke arah kiri walaupun lampunya merah bagi yang mau lurus dan ke arah kanan. Tapi ingat tidak semua lampu merah menerapkan aturan ini ya, hanya saja kebanyakan menggunakan aturan ini. (biasanya ada lampu hijau berbentuk anak panah mengarah ke kiri atau plang berwarna biru yang bertuliskan jalan terus sebagai petunjuknya). Bagi saya pribadi hal ini adalah salah satu keunikan tersendiri dari kota ini, walaupun bisa di bilang sepele karena setiap kota yang saya kunjungi jarang sekali menerapkan aturan ini. Semoga bisa membantu yaa

3.       Hanya di kota ini kamu bisa menemukan “ceker ayam” yang disulap menjadi makanan 

Kota ini tidak hanya menyugukan keunikan pada gedung dan aturannya tetapi kamu juga memberikan keunikan pada kulinernya salah satunya yaitu ceker ayam (maaf budaya saya mengajarkan kebiasaan tidak mengkonsumsi ceker ayam). Disini kamu bisa menemukan ceker ayam yang di sulap menjadi makanan yang lezat dengan harga yang sangat terjangkau. Kamu bisa mencicipi makanan ini di angkringan yang biasa berjejer di pinggir jalan, ini bukan berarti kualitasnya rendah lho. Di coba dulu karena rasa tidak pernah bohong hehe 

4.       Cuma di jogja kamu bisa mengunjungi pantai yang berbeda beda dalam satu kunjungan

Menempati kota baru rasanya kurang apdol kalo belum menikmati destinasi keindahan alamnya. Ya, kota ini menyajikan keindahan pantai yang luar biasa tepatnya berada di kecamatan Bantul. Di Bantul kamu bisa mengunjungi pantai baru, pantai Kwaru, pantai Goa cemara, Goa selarong dan lainnya dalam sekali kunjungan. Kenapa? Karena pantai tersebut saling berjejer atau berdekatan satu sama lain jadi kamu bisa mengunjungi semua pantai dalam sekali kunjungan yang pastinya setiap pantai memberikan keindahan dan keunikan masing masing. 


 Terima kasih sudah membaca artikel di moonlight shadow, semoga bermanfaat ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Known Universe

Sejarah Manusia Purba Harus Dihapuskan dalam Dunia Pendidikan di Indonesia